Wisata Hit




Penang, Kota Multi Etnis Segudang Tempat Wisata Fantastic
Buat anda yang ada di Indonesia atau Malaysia yang ingin menjelajahi Negara Bagian Penang, namun belum punya referensi tempat liburan, berikut ini tempat-tempat keren yang layak untuk kita singgahi.


Buat anda yang ada di Indonesia atau Malaysia yang ingin menjelajahi Negara Bagian Penang, namun belum punya referensi tempat liburan, berikut ini tempat-tempat keren yang layak untuk kita singgahi.

Malaysia memang identik dengan Kuala Lumpur-nya yang fenomenal.  Ternyata bukan hanya Kuala Lumpur, karena Malaysia juga punya Penang yang tidak kalah kece. Gearge Town Penang sendiri, sudah sejak Juli 2008 dinobatkan sebagai kota warisan budaya, karena memang Kota ini memiliki warisan dan cagar budaya yang beragam.

Pinang atau Penang sendiri merupakan Negara Bagian Malaysia, yang terdiri dari Pulau Pinang seluas 293 km², dan “Seberang Perai” yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia seluas 760km². Asal namanya dari pohon Pinang.

Terkenal dengan budaya multi ras, Berikut ini Triptoba akan merangkum daftar tempat wisata di Penang yang wajib anda kunjungi jika sedang liburan.

1. PENANG BRIDGE
Penang Bridge merupakan jembatan terpanjang yang ada di Malaysia.  Jembatan ini memiliki panjang sekitar 13,5 km dan digunakan untuk menghubungkan wilayah Sebrang Prai yang ada di daratan Malaysia dan Bayan Lepas yang ada di Pulau Penang.

Penang Bridge sudah resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1985. Saat ini jembatan ini merupakan salah satu tulang punggung yang berperan dalam proses perkembangan Malaysia, baik itu dari segi ekonomi, pariwisata, sosial, dan budaya.

Oh ia, nantinya di tempat ini Anda dapat melihat kemegahan arsitektur jembatan yang sangat luar biasa. Selain itu, jika mau Anda juga dapat mengambil beberapa take foto dengan latar belakang jembatan.
Karena tempat ini adalah fasilitas umum, Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun Anda mau. Selain itu, tempat ini juga bisa Anda akses secara cuma – cuma alias gratis.


2. BUKIT PENANG (PENANG HILL)
Bukit Penang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang tengahberlibur ke Penang. Konon, karena tempat ini sudah dianggap sebagai ikon wisata Kota Penang, ada anggapan yang mengatakan bahwa liburan ke Penang rasanya masih belum lengkap jika belum mengunjungi Penang Hill.

Di tempat ini, Anda nantinya akan disuguhi oleh beragam aktivitas wisata, seperti museum, pemandangan alam yang masih segar, dan berbagai macam suguhan wisata menarik lainnya.
Jika Anda ingin mencapai puncak bukit ini, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi kereta wisata bernama Penang Hill Railway. Di hari normal, tiket kereta ini dipatoki sebesar 15 RM untuk anak – anak dan 30 RM untuk orang dewasa.
Biasanya kereta Penang Hill Railway baru mulai beroperasi pada pukul 9 pagi dan berhenti beroperasi pada pukul 11 malam. Dengan menggunakan fasilitas kereta ini, untuk bisa sampai ke puncak Penang Hill, Anda nantinya akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar lima menit.

Jika Anda mau, untuk mendaki ke puncak Penang Hill, selain menggunakan moda transportasi kereta, Anda juga bisa memanfaatkan moda transportasi taksi. Hanya saja, perlu diingat, taksi di Penang Hill biasanya tidak dilengkapi dengan argo, sehingga Anda harus pintar – pintar dalam tawar menawar harga dengan supir taksi.


3. PLAZA GURNEY
Plaza Gurney merupakan tempat wisata di Penang yang sangat pas untuk Anda yang hobi berbelanja. Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai macam produk dengan rentang harga yang sangat lebar.

Dari mulai barang “kelas rakyat jelata” berharga murah, sampai dengan barang “kelas sultan” berharga mahal, semuanya bisa Anda dapatkan di plaza ini.  Tidak hanya itu, karena lokasi plaza ini dekat dengan tepi pantai, plaza ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berburu oleh – oleh untuk kerabat selepas berlibur ke pantai.


4. KEK LOK SI TEMPLE
Anda merupakan seorang pecinta wisata sejarah? Jika ya, tempat wisata di Penang yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda. Di tempat ini Anda dapat menikmati suguhan wisata sejarah agama Buddha yang sangat unik dan sakral.


Kek Lok Si Temple merupakan kuil Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara. Kuil ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat khas dengan budaya Cina, sehingga terlihat sangat mirip dengan kuil Buddha yang ada di Thailand.
Tidak hanya sekedar luas, kuil ini juga memiliki usia yang sangat tua. Konon, menurut perhitungan sejarah, usia kuil ini diperkirakan sudah lebih dari satu abad. Padahal, jika dilihat dari tampilan bangunannya, kuil ini masih terlihat megah dan kokoh.
Jika Anda ingin berkunjung ke kuil ini, lokasi kuil ini berada di Air Itam, tepatnya di Puncak Bukit Kwok San. Nantinya, untuk bisa sampai ke lokasi kuil ini Anda harus melalui jalan menanjak dan menurun yang cukup curam.
Ya meskipun effort yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke kuil ini tergolong cukup besar, namun begitu sampai di area sekitar kuil, semua pengorbanan yang Anda keluarkan akan langsung terbayar lunas.
Karena tempat ini adalah tempat ibadah, pengunjung kuil ini sama sekali tidak dibebani biaya apa pun. Satu – satunya biaya yang harus Anda keluarkan ketika mengunjungi kuil ini adalah biaya untuk masuk ke dalam pagoda yang berada di dalam kompleks kuil.
Nantinya, untuk bisa masuk ke area pagoda tersebut, Anda diwajibkan untuk membayar biaya masuk sebesar 2 RM.

5. PINANG PERANAKAN MANSION
Pinang Peranakan Mansion merupakan museum unik yang berisi berbagai macam peninggalan sejarah khas masyarakatMelayu. Di tempat ini Anda dapat menikmati suguhan wisata sejarah berupa artefak kuno, hasil pahatan kuno, furniture dan perhiasan kuno, serta berbagai macam gambar lukisan.

Menurut penuturan pengelola tempat ini, Pinang Peranakan Mansion dulunya adalah rumah pribadi milik keluarga kaya berdarah Cina. Pemilik rumah ini kabarnya adalah seorang pecinta seni, sehingga rumahnya dipenuhi dengan berbagai macam barang antik dan unik yang bernilai seni tinggi.
Nah, seiring berjalannya waktu, karena jumlah barang seni di rumah ini semakin banyak, rumah ini akhirnya dijadikan sebagai museum dan dapat dikunjungi oleh siapa saja.
Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan dibebani biaya tiket masuk sebesar 20 RM. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda nantinya juga akan turut dibebani biaya tiket parkir tambahan.


6. SRI MAHAMARIAMMAN TEMPLE
Selain memiliki kuil Buddha tertua di Asia Tenggara, Kota Penang juga memiliki kuil Hindu yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Kuil Sri Mahamariamman.

Kuil ini merupakan kuil Hindu tertua yang ada di Kota Penang. Jika Anda adalah seorang pecinta wisata sejarah, kuil ini merupakan destinasi wisata wajib yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota Penang.
Di tempat ini, Anda dapat menikmati beragam sajian wisata sejarah yang berbau agama Hindu – India. Dari mulai ornamen khas Hindu sampai dengan patung dewa dan dewi Hindu, semuanya bisa Anda temui di tempat ini.
Nantinya, Anda dibebaskan untuk mengambil foto dengan latar belakang semua ornamen yang ada di kuil ini. Satu – satunya tempat yang tidak boleh diabadikan dalam foto adalah bagian sekitar altar utama kuil.
Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke kuil ini, lokasinya ada di kawasan George Town. Di hari biasa, tempat ini biasanya sudah mulai dibuka untuk umum sejak pukul setengah tujuh pagi. Di kisaran pukul 12 siang sampai pukul setengah lima sore, tempat ini akan ditutup untuk umum. Lalu dari pukul setengah lima sore tempat ini kembali dibuka untuk umum hingga pukul sembilan malam.
Oh ia, karena kuil ini adalah tempat ibadah, untuk bisa masuk ke kuil ini, Anda nantinya tidak akan dibebani biaya tiket masuk sama sekali alias dapat diakses dengan gratis.

7. QUEENSBAY MALL
Queensbay Mall merupakan salah satu mall dan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Penang. Di tempat ini Anda dapat membeli berbagai macam produk. Dari mulai produk keperluan sehari – hari sampai dengan aneka busana, semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di tempat ini

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki banyak tempat makan dengan sajian kuliner yang super lezat. Oleh karenanya, selain sebagai tempat belanja, mall ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat wisata kuliner di Penang.
Terlebih lokasi mall ini juga berada tepat di pinggir pantai, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat menyantap makanan lezat sembari menikmati panorama pantai yang masih asri.
Kunjungi juga yuk: Daftar Taman Bunga Matahari di Indonesia

8. FORT CORNWALLIS
Fort Cornwallis merupakan salah satu tempat wisata legendaris yang harus Anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Pulau penang. Menurut informasi yang beredar, tempat ini sudah berdiri sejak 1786 dan saat ini merupakan salah satu destinasi wisata tertua yang ada di Penang.

Di masa awal pendiriannya, Fort Conrwallis merupakan sebuah benteng pertahanan milik Pemerintah Inggris. Anehnya, meskipun pada awalnya tempat ini didirikan sebagai benteng pertahanan, dalam prakteknya, tempat ini cenderung lebih banyak digunakan sebagai pusat administrasi pemerintah.
Saat ini, tampilan benteng ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga cenderung lebih terlihat sebagai taman wisata ketimbang sebagai benteng pertahanan yang kokoh.

Nantinya, jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhi berbagai macam benda – benda bersejarah peninggalan tentara Inggris seperti meriam, tiang bendera, lampu kuno, dll.
Konon, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, salah satu meriam yang ada di benteng ini kabarnya dapat memberikan kesuburan untuk kaum wanita.
Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, Anda hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 20 RM saja. Biaya tersebut nantinya sudah mencakup bonus berupa satu botol air mineral.

9. CHEONG FATT TZE MANSION
Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak seperti apa rupa tempat wisata di Penang yang satu ini. Ya, tempat ini sangat kental dengan budaya masyarakat Cina kunoyang terkesan sangat tradisional dan bernilai sakral.

Menurut informasi yang beredar, rumah ini sudah berdiri sejak Tahun 1880. Pemilik pertama rumah ini bernama Cheong Fatt Tze. Beliau adalah salah seorang imigran asal Tiongkok yang merantau ke Malaysia sebagai pedagang.
Secara keseluruhan, bangunan rumah berukuran jumbo yang satu ini memiliki jumlah kamar yang sangat banyak, yaitu mencapai 38 kamar.
Saat ini, kepemilikan rumah ini sudah berada di tangan seorang pengusaha asli Malaysia. Tidak hanya itu, rumah ini saat ini juga sudah dibuka untuk umum dan terkadang juga digunakan sebagai lokasi shooting film.

10. TROPICAL SPICE GARDEN
Jika Bogor memiliki Kebun Raya Bogor, maka Penang memiliki Tropical Spice Garden.Ya, Tropical Spice Garden merupakan hutan tropis yang berlokasi tidak jauh dari area perkotaan, sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh para wisatawan.

Di tempat ini, Anda nantinya dapat menikmati sajian wisata berupa hutan tropis yang masih asri dan terjaga dengan baik. Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas wisata lainnya, seperti ayunan raksasa, rumah teh, area seluncur, dll.
Oh ia, meskipun tempat ini adalah hutan tropis, namun Anda tidak perlu takut tersesat. Pasalnya, ketika membeli tiket, Anda nantinya akan “diberi pinjaman” berupa alat penunjuk lokasi yang mirip seperti remote televisi.
Di hari normal, tempat ini biasanya dibuka setiap hari dari mulai pagi hingga sore hari. Untuk biaya tiket masuknya sendiri dipatoki sebesar 26 RM untuk wisatawan dewasa dan 20 RM untuk wisatawan yang masih berstatus pelajar.

11. PENANG TOY MUSEUM
Seperti nama yang dimilikinya, tempat ini adalah museum yang menyajikan beraneka ragam mainan yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Konon, menurut keterangan pengelola museum ini, saat ini museum ini memiliki lebih dari 100 ribu koleksi mainan.

Berkat jumlah koleksi mainannya yang luar biasa banyak, museum ini sempat masuk sebagai museum mainan pertama dengan jumlah koleksi terbanyak versi Malaysia Book of Records.
Jika Anda berminat untuk singgah ke museum ini, lokasinya ada di Jl. Tanjung Bungah. Nantinya, untuk bisa masuk ke area museum ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 30 RM.

12. OWL MUSEUM
Tempat wisata di Penang yang selanjutnya adalah Owl Museum. Meskipun tempat ini memiliki nama Owl Museum, jangan harap Anda bisa menemui burung hantu sungguhan di museum ini. Pasalnya, tempat ini hanya berisi berbagai macam karya seni yang bertema burung hantu, bukan burung hantu sungguhan.

Dari mulai lukisan bertema burung hantu, patung bertema burung hantu, sampai dengan souvenir bertema burung hantu, semuanya bisa Anda temui dengan mudah di museum seni yang satu ini.

Nantinya, selain dapat menikmati karya seni bertema burung hantu, di tempat ini Anda juga bisa membeli berbagai macam produk souvenir bertema burung hantu dengan harga yang relatif cukup terjangkau.
Oh ia, museum ini merupakan museum seni bertema burung hantu pertama di Asia Tenggara lho. Jadi, jika Anda adalah seorang pecinta seni, museum ini adalah destinasi wisata wajib yang tidak boleh Anda lewatkan ketika tengah berlibur ke Pulau Penang.
Jika Anda berkunjung ke tempat ini, nantinya Anda akan dibebani biaya tiket masuk seharga 10 RM.

13. PENANG ESPLANADE
Penang Esplanade merupakan tempat wisata menarik di Penang yang berlokasi di pinggiran Kota George Town. Tempat ini kurang lebihnya sama seperti “alun – alun” yang ada di Indonesia.Di tempat ini, Anda dapat menikmati berbagai macam destinasi wisata menarik, seperti City Hall, Clock Tower, Ford Conrwallis, Town Hall, dll.

Jika Anda beruntung, di tempat ini Anda juga dapat menikmati berbagai macam atraksi pertunjukan yang ditampilkan oleh masyarakat setempat.
Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, dari pusat Kota George Town, Anda dapat memanfaatkan fasilitas bus umum yang mengarah ke daerah Jetty. Dalam kondisi normal, perjalanan dari George Town ke tempat ini biasanya hanya memakan waktu kurang lebih selama 30 menit saja.

14. LEBUH PANTAI (BEACH STREET)

Ya, Penang Butterfly Farm ini menjadi peternakan kupu-kupu tropis pertama di dunia. Jika anda kesini anda akan menyaksikan salah satu kupu-kupu yang sangat populer yakni Raja Brooke. Kupu-kupu ini merupakan kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara.
Ternyata bukan hanya menjumpai kupu-kupu raja brooke saja, kamu juga bisa menyaksikan keindahan ribuan kupu-kupu lain, plus  dengan ratusan reptil, dan serangga, mulai dari kaki seribu, iguana, kalajengking, dan lain sebagainya, ada banyak koleksi lainnya.
16. PANTAI BATU FERRINGHI PENANG
Tempat wisata di Penang selanjutnya adalah pantai batu feringgi yang menjadi salah satu primadona tempat liburan di Penang oleh wisatawan dari berbagai negara. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang cantik, dengan suasana pantai yang nyaman dan bersih. Anda juga bisa mencoba sensasi atraksi permainan water sport.

15. GURNEY DRIVE HAWKER CENTRE
Gurney Drive Hawker Centre menjadi tempat wisata kuliner di Penang yang tidak boleh anda lewatkan. Begitu selesai jalan-jalan seharian dan lelah, maka silahkan anda manjakan lidah anda disini.





LAINNYA TERKINI


GALERY ACARA


CONTACT US