Tentang

Parsadaan Siburian Anak, Boru-Bere Siburian-PABORAS



Latar Belakang

Atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Pomparan ni Toga Radja Siburian telah dapat bersatu padu untuk membentuk wadah nasional yang disebut Parsadaan Siburian dohot Boruna se-Dunia, berpusat di ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam rangka turut serta melestarikan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan leluhur marga Siburian serta turut bersama-sama masyarakat dan bangsa Indonesia dalam tujuannya mencapai masyarakat adil dan makmur.

Dengan melanjutkan dan memelihara nilai-nilai luhur dan cita-cita leluhur bangsa Batak khususnya pandangan hidup sesuai falsafah Dalihan Natolu yaitu “somba marhula hula, manat mardongan tubu, elek marboru “ yang mengandung nilai-nilai harmoni sosial yang sangat tinggi dipadukan dengan dasar bernegara Pancasila, marga Siburian dapat mewujudkan cita-citanya menuju masyarakat sejahtera jasmani dan rohani.

Melalui visi dan misi yang jelas, fondasi organisasi masyarakat adat yang kuat dan efektif disertai program jangka panjang, menengah dan pendek yang terencana disertai pengelolaan sumber daya yang efektif sesuai Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Pokok-Pokok Program Organisasi, Punguan PABORAS akan mampu mensiasati perubahan demi pencapaian cita-cita dan tujuan Punguan Siburian dohot Boruna se-Indonesia.

Kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memelihara dan melindungi PABORAS sedunia dalam segala upaya dan usahanya memajukan masyarakat dan bangsanya.

Maksud Berdirinya PABORAS adalah untuk melestarikan warisan nilai-nilai luhur leluhur Marga Siburian dan turut serta memberdayakan Pomparan dalam mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.

Tujuan PABORAS adalah mewujudkan suatu masyarakat adat yang sejahtera, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita pendiriannya melalui:

1. Menjaga, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai luhur Warisan Adat luhur leluhur marga Siburian sebagai modal dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Mengembangkan dan menata sumber daya yang ada pada anggotanya hingga mampu beradaptasi di era globalisasi , berkemampuan dan dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

3. Ikut serta meningkatkan peran anggotanya sebagai warga masyarakat Indonesia dalam segala bidang kehidupan baik di tingkat nasional maupun global.

4. PABORAS ditengah-tengah bangsa berperan aktif untuk ikut serta bersama komponen masyarakat lainnya mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, baik materil maupun spiritual



SUSUNAN PENGURUS PABORAS NASIONAL


Dewan Pengurus

Ketua Umum : Drs Sael Simatupang



Sekretaris umum : Drs. Toddy Siburian



Bendahara Umum : Nurdin Siahaan SE


GALERY ACARA


CONTACT US