WISATA TERBARU


Batu Lobang, atau Terowongan Belanda Sejarah Kebiadaban Penjajahan Belanda
Perjalanan ke Negeri Wisata Sejuta Pesona, Tapanuli Tengah, tidak berhenti pada wisata pulau dan pantai semata. Ada wisata alam lainnya, yakni Goa Belanda atau oleh penduduk setempat disebut Batu Lubang.
Batu Lubang menyimpan sejarah sekaligus cerita mistis. 

Pada jaman Itu, Penduduk diperlakukan semena-mena dan dipaksa kerja rodi. Penjajah Belanda dan Jepang masuk ke tanah Batak melalui Barus mempunyai masalah untuk melewati jalan ini. Selain terhalang hutan belantara, ada pula batu gunung yang keras.


Para penjajah pun memaksa para tahanan perang yakni para pejuang Indonesia untuk membuat lubang dengan memahat batu-batu hingga bisa tembus ke jalan Tarutung-Sibolga-saat ini (Tapanuli Tengah).

Proses pembuatannya pun boleh dikata sungguh keterlaluan, pekerja dipaksa terus bekerja hingga kelelahan, tapi tidak diberi istirahat hingga banyak pekerja yang meninggal karena kelelahan. Kejamnya, pekerja yang meninggal hanya dibuang ke jurang yang berada di pinggir goa. 

Goa Belanda berada pada titik 7 km sebelum Kota Sibolga atau di desa Simaninggir Kecamatan Sitahuis kabupaten Tapanuli Tengah ini juga menarik wisatawan karena adanya air terjun yang turun di batu granit dengan ukiran saya eperti dipahat.
Walaupun tidak bisa didekati karena terpisah adanya jurang, air terjun tersebut cukup membuat wisatawan puas karena bisa melihatnya di pinggir jalan alias tepat di sisi kanan batu lubang jika anda datang dari Tarutung.
Airnya mengalir memang tidak terlalu deras, tapi pemandangan batu granitnya di tengah alam asri sekitar jurang, membuat wisatawan banyak berhenti untuk mendokumentasikannya




LAINNYA TERKINI
GALERY ACARA


CONTACT US